Lupus Penyakit Mematikan Setelah Kanker

Beberapa orang mungkin sudah mengenal penyakit ini. Yah, lupus merupakan penyakit yang memiliki kesetaraan dengan penyakit kanker, penyakit ini bisa dibilang tergolong masuk kategori penyakit yang mematikan. Namun tidak dapat dipungkiri sebagian orang belum mengenal dengan penyakit ganas yang satu ini.

Lupus dalam bahasa latin memiliki arti serigala. Karena pada umumnya penderita lupus akan mengalami perubahan pada kulit wajahnya. Lupus merupakan penyakit yang mengganggu sistem kekebalan pada tubuh seseorang. Penyakit ini dapat merusak sel – sel dalam tubuh sama seperti kanker. Lebih mudahnya, seseorang yang menderita lupus akan memproduksi antibodi yang berlebih sehingga dapat merusak sel – sel tubuhnya sendiri, dan menyebabkan penderitanya mengalami peradangan.

Pada keadaan normal, biasanya antibodi seseorang berfungsi melindungi tubuhnya dari segala macam virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Namun bagi penderita lupus, kelebihan antibodi pada tubuh membuatnya menyerang sel – sel tubuhnya sendiri dan perlahan merusak sistem organ yang ada dalam tubuh. Sehingga penderitanya mudah mengalami peradangandan infeksi.

Terdapat beberapa jenis penyakit lupus yang dapat menyerang manusia. Diantaranya :

  • Systemic Lupus Erthematosus

SLE atau Systemic Lupus Erthematosus merupakan salah satu jenis penyakit lupus yang paling sering diderita manusia pada umumnya, jenis lupus ini menyerang beberapa jaringan dalam tubuh seperti, paru – paru, ginjal, kulit, sendi bahkan sampai ke otak.

  • Discoid Lupus Erthematosus

Jenis lupus yang satu ini menyerang kepada jaringan kulit saja sehingga penderitanya mengalami bercak – bercak atau ruam pada tubuhnya.

  • Neonatal Lupus

Lupus berjenis satu ini merupakan jenis lupus yang dapat menyerang bayi anda. Biasanya jenis lupus yang satu ini dialami oleh bayi yang memiliki kelainan antibodi atau antibodi yang berlebih.

  • Subacute Cutaneous Lupus

Jenis lupus ini bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit. Kulit kita seolah – olah merasa terbakar apabila terkena sinar matahari langsung.

Lupus juga dikenal dengan istilah penyakit seribu wajah, julukan ini dikarenakan penyakit lupus memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit – penyakit lain. Lupus memang terbilang sulit untuk dideteksi namun anda dapat mengetahui beberapa tanda anda mengalami gejala lupus diantaranya :

  • Adanya rasa nyeri pada sendi
  • Sendi – sendi mengalami pembengkakan
  • Terdapat luka yang tak kunjung hilang pada mulut maupun hidung
  • Urin yang dikeluarkan saat buang air kecil sering mengeluarkan bercak darah
  • Adanya bercak atau ruam pada kulit
  • Rambut akan mengalami kerontokan
  • Demam disertai dengan kejang – kejang
  • Dada merasa sakit saat akan bernapas, diakibatkan adanya peradangan pada paru – paru penderita lupus.

Penyebab penyakit ini pada umumnya ialah adanya bakteri atau virus yang bersarang dalam tubuh.  Berdasarkan penelitian para ahli, belum ditemukan secara pasti sebab munculnya penyakit yang satu ini, namun lupus di prediksi dapat muncul disebabkan oleh faktor genetik, hormon, dan faktor lingkungan sekitar.

Pada dasarnya penderita yang lebih rentan mengidap penyakit ini biasanya wanita. Wanita beresiko rentan terserang lupus hingga 6 – 10 kali dibanding laki – laki. Pengobatan untuk lupus itu sendiri sampai saat ini belum dapat ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit berbahaya ini. Namun biasanya dokter akan memberikan beberapa obat – obatan yang dapat membantu meringankan gejala lupus bagi penderitanya seperti, obat anti peradangan, obat anti malaria, kortikosteroid, dan imunosupresan. Mari sama – sama menjaga sanak saudara kita, keluarga kita akan terhindar dari penyakit yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *